Kita akan membahas bagaimana cara membuat karakter''AAA'' pada software assembly. Sebelum memulai pekerjaas pastikan kita sudah memiliki software asssembly itu sendiri,kalau belum ada
KLIK INI....
Nah tidak perlu panjang lebar mari kita kembali ke pokok (permasalahan Membuat Karakter ''AAA'' Pada Software Assembly):
Pertama kali kita buka dulu command prompt dengan menekan tombol windows R
Selanjutnya kita masuk ke directori dimana kita menyimpan file assembly nya ,kalau saya menyimpan file nya di local disk C jadi cukup memberikan peritah:
-cd.. (enter)
-cd asembly (enter)
seperti gambar di bawah:
Selanjutnya kita ketikan perintah :
-tasm (enter)
Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini: Selanjutnya ketikan perintah :
-edit
Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:
Baru kita mulai mengetikan script berikut:
.MODEL SMALL
.CODE
ORG 100h
Proses:
MOV AH,09h ; nilai servis untuk mencetak karakter
MOV AL,'A' ; AL = karakter yang akan dicetak
MOV BH,00h ; nomor halaman layar
MOV BL,93h ; warna atau atribut dari karakter
MOV CX,03h ; banyaknya karakter yang akan di cetak
INT 10h ; laksanakan !!!
INT 20h ; selesai kembali ke DOS
END proses
Atau perhatikan contoh gambar berikut:
Jika telah siap lalu kita save dengan cara :
-KLIK FILE
-KLIK SAVE AS
-BERI NAMA DENGAN AKHIRAN .ASM,CONTOHNYA(ALDI1.ASM)
Setelah itu kita kembali ke DOS,lalu ketikan perintah 'tasm nama file',contoh (tasm aldi1)
maka akan muncul dua kemungkinan ERROR atau SUKSES
Jika error maka pesan nya seperti gambar dalam lingkaran merah dibawah:
Jika sukses maka pesan nya seperti gambar dalam lingkaran merah dibawah:
Jadih kalau error bisa kita kembali masuk ke script dengan cara mengetikan 'edit' dan mencek kesalahan nya. Tapi kalau tidak error kita bisa lanjut dengan mengetikan perintah 'tlink/t nama file'
contoh(tlink/t aldi1) maka akan muncul pesan seperti di bawah:
Selanjutnya ketikan 'nama file' contoh(aldi1) maka akan muncul karakter "AAA"
Keterangan syntax:
MOV AH,09h : nilai servis untuk mencetak karakter
MOV AL,'A' : AL = karakter A yang akan dicetak
MOV BH,00h : Nomor halaman layar
MOV BL,93h : warna atau atribut dari karakter
MOV CX,03h : banyaknya karakter yang akan di cetak
INT 10h : merupakan perintah untuk mencetak karakter pada register DL, yaitu huruf ''A''
END mulai : tutup identitas
.MODEL SMALL
.CODE
ORG 100h
Proses:
MOV AH,09h ; nilai servis untuk mencetak karakter
MOV AL,'A' ; AL = karakter yang akan dicetak
MOV BH,00h ; nomor halaman layar
MOV BL,93h ; warna atau atribut dari karakter
MOV CX,03h ; banyaknya karakter yang akan di cetak
INT 10h ; laksanakan !!!
INT 20h ; selesai kembali ke DOS
END proses
Atau perhatikan contoh gambar berikut:
Jika telah siap lalu kita save dengan cara :
-KLIK FILE
-KLIK SAVE AS
-BERI NAMA DENGAN AKHIRAN .ASM,CONTOHNYA(ALDI1.ASM)
Setelah itu kita kembali ke DOS,lalu ketikan perintah 'tasm nama file',contoh (tasm aldi1)
maka akan muncul dua kemungkinan ERROR atau SUKSES
Jika error maka pesan nya seperti gambar dalam lingkaran merah dibawah:
Jika sukses maka pesan nya seperti gambar dalam lingkaran merah dibawah:
Jadih kalau error bisa kita kembali masuk ke script dengan cara mengetikan 'edit' dan mencek kesalahan nya. Tapi kalau tidak error kita bisa lanjut dengan mengetikan perintah 'tlink/t nama file'
contoh(tlink/t aldi1) maka akan muncul pesan seperti di bawah:
Selanjutnya ketikan 'nama file' contoh(aldi1) maka akan muncul karakter "AAA"
Keterangan syntax:
.MODEL SMALL : Bagian ini digunakan untuk memberitahukan kepada komputer
tentang memory yang akan digunakan oleh program kita.
.CODE : Bagian ini digunakan untuk memberitahukan kepada komputer bahwa
pada bagian ini kita meletakan code segmentnya yang berisi program dan nantinya
akan dijalankan
ORG 100h : Bagian ini akan digunakan sebagai pemberitahuan agar program
saat dijalankan atau diload ke dalam memory ditaruh mulai offset ke 100h (256)
byte
Proses : Bagian ini menjadi identitas dari kumpulan perintah inti
MOV AH,09h : nilai servis untuk mencetak karakter
MOV AL,'A' : AL = karakter A yang akan dicetak
MOV BH,00h : Nomor halaman layar
MOV BL,93h : warna atau atribut dari karakter
MOV CX,03h : banyaknya karakter yang akan di cetak
INT 10h : merupakan perintah untuk mencetak karakter pada register DL, yaitu huruf ''A''
INT 20h : untuk menghentikan proses
oke ,, semoga bermanfaat bagi yang membaca ,,
0 komentar:
Post a Comment